Berita Terbaru

05 Jan 2017

Anak Usaha PTPN Usung 4 Strategi Angkat Teh Indonesia di 2017

Anak Usaha PTPN Usung 4 Strategi Angkat Teh Indonesia di 2017
4 Strategi Teh KPBN

Metrotvnews.com, Jakarta

Anak usaha PT Perkebunan Nusantara (PTPN), PT Kharisma Pemasaran Bersama Nusantara (KPBN) mengusung empat strategi pemasaran untuk komoditas teh yang akan dilakukan di 2017 ini.

   

KPBN merupakan penyelenggara auction teh terbesar dalam volume dan nilai transaksi penjualan di Indonesia. Saat ini, teh yang di-auction di KPBN adalah teh produksi dari PTPN yaitu CTC dan Orthodox. Direktur Utama KPBN Iriana Ekasari mengatakan, KPBN akan bekerja sama dengan para produsen perkebunan lainnya untuk ikut memperdagangkan teh mereka di KPBN.

"Saat ini, KPBN adalah market place dengan infrastruktur yang paling siap di Indonesia untuk menjual produk komoditas Indonesia. Kami mempersiapkan diri untuk produsen teh lain menggunakan fasilitas infrastruktur yang ada di KPBN sebagai tempat untuk menjual komoditas teh mereka," tutur Iriana dalam siaran persnya, di Jakarta, Rabu (4/1/2016).

Iriana menyebutkan, empat strategi yang digelontorkan KPBN yakni melakukan integrasi rencana bisnis dengan para pembeli yang telah ada selama ini.

Menurutnya, para pembeli disiapkan untuk menambah kapasitas pembeliannya, antara lain mereka harus menambah jumlah buyer di luar negeri, menambah kemampuan finansial mereka dan menambah kapasitas gudang.

"Kedua, KPBN akan melakukan integrasi suplai dengan kebun-kebun untuk memastikan ketersediaan barang dan konsistensi mutu," jelasnya,

Ketiga, pelaksanaan auction yang lebih transparan dengan melakukan display produk unggulan kepada setiap buyer, terutama untuk kebun yang telah meningkat mutunya.

Keempat, memfasilitasi supply chain financing dengan pihak bank untuk para pembeli yang terdaftar di KPBN agar dapat membeli teh di KPBN.

"Untuk meningkatkan jumlah pembeli, KPBN akan melakukan kegiatan marketing yang lebih agresif dan tepat sasaran seperti melakukan pameran baik di dalam maupun di luar negeri. KPBN juga akan membangun kecintaan konsumen dalam negeri terhadap teh bermutu tinggi dari kebun-kebun di Indonesia," paparnya.

Sekadar informasi, beberapa perusahaan besar yang tergabung dalam Jakarta Tea Buyer Association (JTBA), adalah pembeli tetap komoditas teh di KPBN. Sejumlah 60 persen komoditas teh dari KPBN dibeli untuk pasar domestik.

Adapun untuk tujuan ke mancanegara, pembeli mengekspor teh ke Malaysia, Amerika Serikat (AS), Polandia, Pakistan, Inggris, Uni Emirat Arab, Singapura, Rusia, Belanda, dan masih banyak lagi.

"Di 2016, KPBN melaksanakan penjualan teh senilai USD56,1 juta. Volume penjualan di 2017 direncanakan meningkat sebesar 25 persen dari 2016, utamanya ditujukan untuk pasar ekspor," pungkasnya.

http://ekonomi.metrotvnews.com/mikro/ZkeW1EPN-anak-usaha-ptpn-usung-4-strategi-angkat-teh-indonesia-di-2017

Logo KPBN

Contact Us

Jl. Cut Meutia NO. 11, RT. 13, RW. 05, Cikini, Menteng, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta. Kode Pos. 10330

(021)3106685, (021)3907554 (Hunting)

humas@inacom.co.id

PT. Kharisma Pemasaran Bersama Nusantara

Social Media

© Inacom. All Rights Reserved.